Pages

Labels

Posisi Tidur Saat Hamil agar Anda dan Bayi Aman

Posisi Tidur Saat Hamil -

posisi tidur saat hamil, seks teratur agar cepat hamil
Bagi ibu yang sedang hamil kadang kala posisi tidur menjadi masalah tersendiri, walaupun sebenarnaya posisi tidur saat hamil bisa di hadapi dengan aman dan nyaman. Pada kehamilan trimester pertama posisi tidur saat hamil tidak banyak mengalami masalah karena kondisi perut masih belum membesar. Masalah tidur yang di hadapi ibu  hamil muncul pada saat trimester ke dua.

Berikut beberapa tips posisi tidur saat hamil:

Posisi tidur saat hamil dengan tengkurap

Posisi tidur saat hamil seperti ini bisa anda lakukan jika usia kandungan masih muda atau masih dalam jangka waktu trimester pertama. Tetapi akan menjadi persoalan jika usia kandungan mulai menginjak trimester kedua, perut mulai buncit dan payudara sangat sensitif. Bagi ibu hamil sebenarnya tidur dengan posisi ini aman tetapi lebih baik selagi bisa untuk menghindarinya demi ke amanan kandungan.

Posisi tidur saat hamil dengan cara terlentang

Posisi tidur saat hamil dengan terlentang adalah posisi yang baik jika usia kehamilan belum mencapai 4 bulan, tetapi jika usia kandungan telah lebih dari itu maka beban rahim akan di tanggung seluruhnya oleh usus dan tulang belakang. Efek dari posisi tidur dengan terlentang mungkin akan terjadi gangguan pencernaan, sakit wasir dan meningkatkan resiko sakit pinggang. Pada beberapa kasus kehamilan yang telah berusia 6 bulan ke atas sering mengalami pusing saat tidur dengan posisi terlentang. Ini di akibatkan terjadinya penurunan tekanan darah karena proses pembesaran janin.

Posisi tidur saat hamil dengan cara miring

Posisi tidur saat hamil dengan cara miring adalah cara tidur yang paling baik di lakukan oleh ibu hamil sampai saat ini. Dengan posisi tidur dengan cara miring maka kondisi janin tidak akan terganggu dan sang bunda pun tidak merasa kesulitan untuk tidur dengan posisi seperti ini. Rata - rata seorang perempuan lebih banyak tidur dengan posisi miring karena memang sangat nyaman. Perlu ibu-ibu ketahui posisi tidur saat hamil dengan cara miring ke kiri lebih di anjurkan, karena dengan posisi tidur miring ke kiri, si janin akan di beri keuntungan untuk memperoleh suplai nutrisi dan aliran darah yang maksimal. Di sisi lain posisi tidur saat hamil dengan cara miring akan memberikan keuntungan bagi sang bunda karena peredaran darah tidak terhambat oleh rahim, sehingga pembengkakan pada pergelangan kaki dapat di minimalisir.
Posisi tidur saat hamil dengan cara miring ke kanan pun juga baik, oleh karena itu bunda tak harus selalu miring ke kiri saat tidur. Yang menjadi permasalahan adalah jika saat tidur, secara tidak sadar bunda berpindah ke posisi tidur terlentang, jika ini sering terjadi dan dalam waktu yang lama ( anda tidak terbangun ) maka peredaran darah bunda maupun janin akan terganggu. Untuk mengatasinya minta sang suami agar membangunkan anda saat bunda tidur dengan posisi terlentang.

Agar posisi tidur saat hamil dengan cara terlentang anda lebih nyaman, selipkan bantal di sela ke dua kaki anda tepat di lutut sehingga kaki tidak terlalu memaksa untuk tetap di posisinya.

Demikian Bund beberapa tips posisi tidur saat hamil agar bunda dan bayi aman ini, semoga dapat memberi sedikit wawasan baru buat bunda dan selamat menanti datang nya si kecil.


Artikel Terkait

9 comments:

  1. Saya sdg hamil 8bln namun jika saya tdr mirin ke kiri akan menimbulkan sakit yg amat hebat. Ini sdh saya rasakan dr kehamilan 6bln. Namun jika ke kanan sebaliknya sangat nyaman, apakah tdk apa2 jika seperti itu? Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu Lenny sebelum nya saya ucapkan selamat atas kehamilan ibu, mungkin sekarang sedang menanti detik - detik kelahiran atau bahkan si buah hati sudah hadir di tengah - tengah keluarga anda. Sekali lagi saya ucap selamat kepada Ibu Lenny...

      Mohon maaf juga karena kesibukan yang padat saya tidak bisa menjawab langsung atas pertanyaan yang ibu ajukan. Menanggapi pertanyaan ibu tersebut sebaiknya Ibu Lenny berkonsultasi kepada dokter kandungan. Sebab posisi janin usia 6 - 8 bulan sering berubah - ubah sehingga perlu penanganan lebih lanjut dari dokter ahli. Tetapi jangan takut selama tidak ada hal lain yang menyakitkan, saya rasa itu wajar mengingat janin sudah membesar sehingga banyak organ yang menyempit.

      Demikian Ibu,

      Delete
  2. Selamat malam. Saya mau tanya nih. Kan istri saya sedang hamil 6 jalam 7 bulan. Apabila tidur nya miring ke kanan itu baik ngga ya menurut pendapat anda? Karena saya baca beberapa artikel mengharuskan tidur menyamping kiri. Sedangkan artikel islami ala tidur rasulullah Muhammad SAW menyamping kanan. Nah yang baik utk istri dan bayi saya yang mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bapak Lamdi selamat ya.. Mohon maaf atas keterlambatan saya menjawab pertanyaan Bapak.

      Posisi tidur ibu hamil miring ke kanan pada trimester ke 3 menurut saya tidak ada masalah, tetapi biasanya sang ibu tidak begitu nyaman dengan posisi miring ke kanan. Selama sang ibu tidak mengalami masalah misalnya rasa sakit, pegal dan kesemutan pada bagian tubuh sang ibu tidak ada masalah Bapak. Memang sebaiknya seimbang antara miring ke kiri dan ke kanan tujuannya agar organ - organ tubuh dapat bekerja normal.

      Saran saya sebaiknya konsultasikan hal ini kepada dokter ahli kandungan agar Bapak bisa lebih paham detail nya. Jika Bapak berminat silakan bapak kunjungi situ ini http ://tipshamil.com untuk berhubungan dengan dokter ahli kandungan.

      Demikian jawaban saya semoga membantu,

      Delete
  3. Selamat siang, saya mau tanya, saat ini saya sedang hamil uk saya 5 jalan 6 bulan tetapi mengapa saat tidur dg posisi miring baik kekiri maupun kekanan dan saya ingin ganti posisi itu terasa amat berat padahal perut saya tergolong kecil dg uk segitu? Terima kasih atas jwabannya

    ReplyDelete
  4. Selamat Malam Ibu Sya Boim mau tanya istri sya sudah hamil 2 Jalan 3 Bulan.
    Kaki Dan Tangan nya itu Pada Membengkak itu Disebabkan Oleh apa ya???
    Tolong Minta Tips Dalam Menangani'y ya???
    Terama Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malam Bapak Boim, maaf Bapak ya telat balasnya.

      Sebelumnya saya uncapkan selamat atas kehamilan istri Bapak. Kaki atau tangan yang bengkak pada ibu yang sedang hamil biasa di sebabkan oleh perubahan biologis calon ibu, di mana terjadi juga perubahan hormonal sebagai persiapan pertumbuhan janin di dalam rahim. Apalagi pada kehamilan anak pertama, banyak sekali perubahan tubuh yang terjadi. Setahu saya pembengkakan itu wajar Bapak asal tidak ada penyakit lain.

      Tips yang pernah saya gunakan di balur dengan ramuan beras kencur pak, resep ibu mertua sih..

      Demikian Bapak semoga membantu..

      Delete
  5. Anonymous11/03/2014

    saya sedang hamil 4 bulan. saya merasa perubahan kondisi tubuh yg amat drastis jika dibangingkan dengan sebelum hamil. tubuh saya jauh lebih cepat dan mudah lelah, mual dan muntah hebat juga masih saya alami, perut bagian atas bergejolak seperti ditonjok dari dalam. saya juga jadi sering tidur. biasanya saya tidur 7-8 jam/hari, sejak hamil tidur jadi 14 jam/hari. saya juga sering mengalami kontraksi rahim yg saya tidak tahu apa penyebabnya. apakah ini semua aman bagi saya maupun janin yg saya kandung? terimakasih atas jawabannya.

    ReplyDelete
  6. Mr/Mrs Anonymous, terimakasih sudah mampir. Setahu saya pada masa - masa hamil pembawaannya bisa berbeda-beda. Pada waktu saya hamil anak pertama dulu mirip dengan yang anda alami. Sampai-sampai saya di bilang 'Hamil Kebo' kerjaannya tidur mulu. Tapi alhamdulillah anak saya aman-aman saja sampai dia lahir. Kondisi mual biasanya akan hilang pada usia hamil 6 bulan ke atas tapi tidak selalu, ada yang mual, eneg nya sampai hamil tua.

    Agar lebih jelas coba anda berkunjung ke http ://tipshamil.com/

    ReplyDelete

Ibu.. jika ada pertanyan atau keluhan silakan isi form komentar, InsaAllah akan di bahas di artikel berikutnya atau bisa langsung ke sini untuk dokter spesialis kandungan.